Minggu, 09 September 2012

PET (Polyethylene Terepthalate) vs PC (Poly Carbonate)

Polyethylene Terepthalate (PET) :

PET adalah salah satu polyesters yang diproduksi untuk kebutuhan sektor textile dan juga plastik resin. Bahan bakunya adalah Pure Terepthalic Acid (PTA) dan Mono Ethylene Glycol (MEG).
Dan produk yang banyak menggunakan PET adalah :
1. Botol minuman air mineral (air putih dll)
2. Botol minuman ringan non carbonate. (juice, teh, coffe dll)
3. Botol minuman ringan bercarbonate. ( soft drink )
4. Plastik kemasan makanan
5. Aplikasi CD, DVD dsb udah banyak pula yang menggunakan PET.
6. Bahan baku textile.

Proses PET :




PTA dan MEG dicampur di dalam vessel slurry preparation. Kemudian slurry di transfer ke Reactor Esterifikasi yang mana direaksikan dengan pressure tertentu dan temperature sekitar 200 s/d 270 derajat Celcius. Di reaktor ini juga ditambahkan Catalyst dan additive untuk memperoleh conversi yang nilainya lebih dari 97%.
Olygomer hasil dari reaksi tersebut kemudian di transfer ke reaktor Polycondensasi yang mana reaksinya berada di situasi pressure Vacuum dan temperature sekitar 270 derajat Celcius. Target pencapaiannya adalah nilai viscocity yang telah ditetapkan yang kemudian polymer tersebut akan di kirim ke seksi pelletizing untuk di potong dan di bentuk sesuai target ukuran yang diinginkan. Yang kemudian Pellet yang sudah dipotong-potong dan disaring di vibratting screen di kirim ke Silo storage dengan system convenying. MEG di reaktor polycondensasi juga di recycle di system destilasi.

Poly Carbonate (PC)
Poly Carbonate adalah polyesters generasi terbaru yang do produksi untuk sektor plastik resin dan sebagainya. Bahan Bakunya adalah Bisphenol A (BPA) dan Diphenyl Carbonate (DPC).
Dan produk yang banyak menggunakan PC adalah :
1. Botol minuman.
2. Alat-alat makan.
3. Aplikasi CD, DVD dsb
4. Polycarbonate sheet (biasa digunakan untuk Atap transparan)
5. Kaca film,Kaca mata helm bahkan untuk body dan kendaraan roda dua atau roda empat.
6. Kaca anti peluru dan masih banyak lagi

Proses PC :

DPC dan BPA di campur di dalam vessel IM preparation vessel. kemudian slurry di transfer ke reactor Pre-polymerization section dan kemudian ditransfer ke reactor Polymerization section yang mana direaksikan dalam kondisi operasi bertemperatur 220 s/d 265 derajat celcius dan Vacuum pressure. Dan sama seperti proses PET, Polymer PC selanjutnya di kirim ke seksi pelletizing tapi terlebih dahulu melewati extruder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini