Jumat, 29 Mei 2020

sensasi mancing ikan baronang jubail





Sedikit berbagi tentang sensasi mincing ikan baronang. Ikan baronang atau samadar atau kalo kata orang bule begitu populer disebut rabbitfish, Ikan laut yang biasa dipancing dengan cara negeg. Nah loh pasti puyeng cari di google translate arti kata negeg. Method mincing dengan menggunakan joran tegeg (pole rod) sepanjang 4.5 hingga 5.4 meter. khusus untuk ikan baronang Indonesia biasanya dipancing dengan menggunakan pancing model garong buatan sendiri (bentuknya seperti pancing tunggal yang digabung). Teknik ini populer dimana-mana sampai-sampai muncul anggapan bahwa kalau mancing baronang harus dengan cara negeg, pancingnya pancing garong dan umpan lumut hijau atau nasi kepal kecil-kecil.


Ternyata saudaraku, tidak selalu tehnik yang kita dapatkan di sekolah mancing bisa begitu saja di terapkan di daerah dimana kita berpijak. Buktinya ikan baronang di kawasan jubail adalah jenis ikan yang juga bisa dipancing dengan single hook (pancing tunggal), joran spinning, dan bahkan dengan umpan yang bukan lumut hijau seperti biasa kita dapatkan di tutorial mancing ikan baronang. Klub mancing BOROKOCOT Jubail telah membuktikannya berhasil menaikkan ikan baronang hampir 100an ekor banyaknya dengan cara ini dalam waktu kurang dari dua jam saja! Pasti pada penasaran bagaimana caranya strike ikan baronang dengan single hook dan joran spinning serta umpan non lumut ijo.


Berikut cara menarik sensasi ikan baronang menurut berbagai sumber dari BOROKOCOT Jubail:


1. Hook yang digunakan adalah hook ukuran kecil no 1 sampe 3.
2. Kelas tali secukupnya saja. Kelas antara 12 sd 16 pound udah lebih dari cukup dan bisa monofilamen ataupun multifilamen (PE atau tali braided)
3. Joran dasaran namun yang agak stiff/kaku. Jangan yang terlalu lentur karena akan sering missed saat kita sentak.
4. Reel spinning kelas 3000 lbs sudah cukup
5. Ini yang paling penting adalah umpan. Untuk umpan di daerah jubail adalah racikan Thamis/Khobus yang campur sama telor hingga menjadi adonan yang cukup kalis (agar ga mudah lepas saat di lempar)


Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini