Jumat, 03 September 2010

9 perbedaan suasana ramadhan di indonesia dan di jubail..

Syukur Alhamdulillah ternyata perjalanan waktu terasa begitu cepat hingga tanpa terasa ramadhan tahun ini sudah masuk sepuluh hari yang terakhir dan bagi saya peribadi ini adalah tahun ke dua saya menjalankan ibadah puasa jauh dari tanah air. sejuta rasa berkemelut di dalam hati ini mulai dari kegembiraan berjumpa kembali dengan bulan yang penuh berkah, perasaan terharu bisa menjalankan ibadah puasa di tanah suci mekkah, perasaan sedih bila hendak di tinggalkan bulan penuhb ampunan ini sesedih atau mungkin lebih sedih dari sebuah kerinduan untuk melakukan ibadah puasa dengan keluarga besar yang ada di Indonesia.
Dua tahun di negeri orang menyimpan banyak kenangan apalagi yang berkaitan dengan ibadah puasa, suasana baru tentang tradisi puasa dinegeri orang mengantarkan rasa kerinduan yang besar akan suasana puasa di negeri sendiri. Ternyata dari apa yang saya lihat dan saya rasakan selama menjalankan ibadah puasa di negeri orang, saya menemukan perbedaan "kebiasaan" masyarakat Saudi dan masyarakat indonesia dalam menjalankan ibadah puasa. Yang menurut saya sangat unik untuk di kaji dan di ambil hikmah dari apa yang saya dapatkan. Adapun beberapa perbedaan itu adalah sbb:
                                                    
1. Penentuan jatuhnya tanggal 1 Ramadhan sepakat mengikuti hasil dari pemerintah.  (kalo di indonesia masih ada yang kukuh dengan hasil yang di dapat/di tetapkan oleh masing-masing ormas yang mereka ikuti)
2. Selama Ramadhan jam kerja di perusahaan berubah dari 8 jam/hari menjadi 6 jam/hari alias yang biasanya masuk jam 8 pagi, selama puasa masuk kerjanya jadi jam 10 pagi. bagi orang shift kebagian lembur 2 jam perharinya selama ramadhan (kalo di indonesia ramadhan atatu di luar ramadhan jam kerja tetep sama sehari 8 jam, seminggu 40 jam dst silahkan itung sendiri heheheee)
3. Di Jubail ketika mendekati waktu maghrib (ngabuburit time) suasana jalan agak senggang dan baru menjadi sangat ramai setelah usai sholat tarawih. Artinya kehidupan mulai terlihat dari jam 10 malam sanpai dengan jam 2 dini hari. (kalo di indonesia Jam 5 sore rame tumpah ruah ngabuburit dan setelah jam 9 malem menjadi sunyi senyap)
4. Acara Bukber di jubail selalu ramai di temui di tenda-tenda khusus buat bulan ramadhan. juga di mesjid-mesjid ramai dengan acara bukber yang kesemua menunya berstandart restoran (kalo di Indonesia yang rame restorant-restorant untuk buka puasa bersama sampe kudu mesen tempat jauh-jauh hari untuk ngadain buka puasa bareng walau menunya cuma PAHE  atau SERBU)
5. Di Jubail sering kita jumpai orang kaya berebut mendapatkan jatah untuk menjamu orang untuk buka puasa bersama di mesjid atau di tenda-tenda. (Di indonesia sering kita jumpai orang miskin berebut atau berdesak-desakan memperebutkan jatah buka puasa)
6. DI Jubail semakin dekat dengan akhir ramadhan maka qualitas and quantitas taraweh ditingkatkan  2X lipat dengan kata lain yang biasanya 8 rakaat + 3 rakaat witir maka di sepuluh akhir ramadhan menjadi 16 rakaat + 3 witir serta waktu sholatnya pun di bagi dua 8 rokaat taraweh setelah sholat isya tanpa witir dan kemudian disambung 8 rokaat taraweh menjelang sahur + 3 rokaat witir. Dan jamaahnya pun semakin akhir semakin banyak (Kalo di indonesia kayaknya semakin dekat dengan idul fitri jumlah Jamaahnya mengalami "kemajuan pesat" maksudnya jumlah shaftnya semakin maju heheheheeee semoga sekarang udah berubah)
7. Di jubail kalo buka puasa orangnya sedikit tapi makanannya yang banyak. kadang ngeliatnya seperti mubazir (kalo di indonesia pada saat buka puasa ngeliat orangnya banyak makanannya "pas bangets"...
8. Di Jubail jangan pernah ngebayangin ada THR menjelang hari raya...(Di indonesia THR harus ada di tiap hari raya idul fitri...)
9. cuma satu yang sama kayaknya...baik di Indonesia atau di Arab Saudi setiap mendekati lebaran berbondong bondong karyawan berebut untuk ngedapetin cuti hari raya ga peduli orang arab, indonesia, malaysia atau bahkan india yang ngerayain idul fitripun pengen mudik saat lebaran... memang indahnya ramadhan berasa bagi semua manusia

Ramadhan Kareem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini